Simak Model – Model Kubah Masjid | CV. ASSIRY ART

Simak Model – Model Kubah Masjid | CV. ASSIRY ART

MODEL KUBAH MASJID – Di era modern ini, di setiap unit sector semakin mudah dan menjadikannya jauh lebih pesat dari tahun tahun sebelumnya. Salah satu yang terdampak yaitu sektor arsitektur. Adanya transformasi dari teknologi masalalalu menjadi teknologi yang lebih cangggih mudah dan cepat membantu para arsitektur semakin inovatif dan kreatif.

Seperti yang terjadi pada arsitektur islam. Bagi masyarakat, arsitektur islam identik dengan bangunan masjid. Salah satu buktinya Masjid Modern kini sudah banyak dibangun oleh tangan-tangan kreatif para arsitektur masjid dan menjadikan masjid-masjid indah dan megah tersebar di seluruh wilayah negara kita Indonesia. Meskipun pada awal perkembangan Islam, masjid dibangun dengan desain sederhana.

Bangunan masjid sendiri memiliki icon yang melekat yaitu bangunan kubahnya. Bahkan saat ini kubah tak ubahnya seperti simbol yang merepresentasikan bangunan masjid. Kubah merupakan salah satu bangian masjid yang bentuknya bulat setengah lingkaran dan diaplikasikan pada bagian atas atap masjid.

Mengenal kubah masjid lebih dalam, banyak sekali bahan dasar yang digunakan untuk membuat sebuah kubah, seperti bahan dasar beton dan baja ringan (enamel, galvalum, dan stainless steel). Dan setiap bahan memiliki keungulan yang berbeda-beda dan tentunya sangat dipengaruhi oleh bentuk konstruksi dan rangka kubah masjid.
Berbeda jauh pada zaman sebelummnya, kini model dan bentuk kubah sangat bervariatif saat Islam mulai berkembang dan tersebar. Bahkan, gaya kubah juga dipadukan dengan budaya masyarakat setempat. Meskipun, telah berinteraksi dengan kebudayaan lain kubah yang masih mengedepankan corak bernuansa Islaminya.

Dan tidak heran jika kini bentuk kubah masjid di seluruh dunia memiliki perbedaan dan ciri tersendiri. Di beberapa daerah bentuk keindahan kubah yang unik dan megah menjadi daya tarik sebagai tempat wisata religi. Dan menjadi landmark kebanggaan masyarakat di mana tempat masjid tersebut berada.

Baca Juga: Jasa Kontraktor Masjid dan Kubah Masjid Murah, Berkualitas dan Profesional

Penasaran kubah masjid memiliki model seperti apa? Simak berikut ini!

Kubah Bentuk Bulat

Umunya bentuk model yang satu ini sering kita temui pada bangunan masjid. Kubah yang satu ini memiliki bentuk setengah lingkaran memiliki bentuk seperti bola yang di potong atau setengah dari bumi dengan bagian dalam agak memanjang dan meruncing seperti umbi-umbian yang tumbuh tunas. Contoh kubah pada pembangunan Taj Mahal di India. Kubah dengan bentuk bulat banyak telah bertemu sebagian besar masjid di Mesir.

Kubah Bentuk Oval atau Telur

Sekilas bentuk kubah yang satu initampak terlihat seperti telur raksasa yang di belah menjadi dua secara horizontal dan menjaadikannya berbentuk lonjong. Kubah berbentuk oval bertemu banyak bangunan tua di Rococo Barok.

Kubah Bentuk Bersusun

Di era sekarang bentuk kubah yang satu ini sulit kita temukan. Dan kubah jenis ini banyak di jumpai pada bangunan-bangunan di masa Bizantium.Karakteristik kubah ini yaitu dibangun dengan bentuk bersusun dan memiliki dua buah kubah pada satu atap yang di tumpuk. Kemudian, kubah bagian bawah terlihat memiliki sisi yang melengkung, sementara bagian atasnya memiliki ujung yang runcing.

Kubah Bentuk Bawang

Ciri khas kubah ini terdapat pada puncak kubah meruncing seperti kerucut. Bagian atas dan bawah kubahini melengkung, selanjutnya di bagian atas kubah terlihat. Sedangkan bagian bawah kubah terlihat lebih kecil seperti pangkal bawang. Kubah berbentuk ini banyak ditemui di masjid-masjid di Indonesia dan gereja-gereja orthodox di Rusia.

Kubah Bentuk Layar

Kubah berbentuk layar memiliki 4 buah alas di mana masing-masing alas mempunyai rongga berbentuk setengah lingkaran. Rongga-rongga tersebut saling menyatu pada bentuk kubah bagian atasnya.

Kubah Bentuk Parabolic

Kubah parabola kurva, tetapi tidak bulat, berbentuk oval dengan ujung juga menurun. Kubah jenis ini hanya ditemukan di sejumlah bangunan tua di Tattinu.

Sekian pemaparan singkat macam macam bentuk kubah masjid, terimakasih sudah mampir di website kami. Jenis kubah dan model akan sangat mempengaruhi tingkat daya tarik dan keindahan masjid. Semoga bermanfaat.
Anda berkebutuhan kubah masjid dan ingin mencari produsen kubah masjid terpercaya dan terlari? CV. Assiry Art sudah puluhan tahun berkecimpung dibidang ini dan ditunjang langsung oleh tim ahli profesional. Memesan kepada kami, Anda bisa langsung melihat langsung proses pembuatan di workshop kami.

Baca Juga: Harga Kubah Masjid GRC Terbaru

Silahkan hubungi kami segera dan dapatkan penawaran harga eksklusif!

Workshop :

Jl. Purwodadi KM 13 RT. 03 / RW. 01, Ds. Undaan Lor, Kec. Undaan, Kab. Kudus, Jawa Tengah, Indonesia

Kontak Kami :

  • SMS/ Telp./ Whatsapp :
  • IM3 – Indosat : 0857 1222 3822
  • SIMPATI – Telkomsel : 0821 3562 2053
  • Email : assirykaligrafi@gmail.com

Seni Kaligrafi

senikaligrafi.com merupakan sebuah situs website marketing dan promosi dari Jasa Kontraktor Masjid CV. ASSIRY ART. CV. ASSIRY ART merupakan perusahaan Jasa Kontraktor Masjid yang menyediakan layanan produk dan jasa, diantaranya: Jasa Rancang Bangun Masjid, Jasa Kontraktor Majid, Jasa Pembuatan Kaligrafi Masjid, Jasa Pembuatan Kubah GRC, Jasa Pembuatan Menara Masjid, Produsen dan Pemasangan GRC Krawangan, Serta Karya Seni dan Produk Kerajinan lainnya. Selain itu Layanan, Produk dan Jasa CV. ASSIRY ART juga menangani berbagai desain interior dan eksterior, kaligrafi dll, meliputi Rumah, Hotel, Cafe, Kantor, Perusahaan, Dan lain sebagainya. CV. ASSIRY ART perusahaan profesional dan sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun TERPERCAYA.

Back to top
KIRIM PESAN
Hubungi Kami?
Assalamualaikum... Selamat datang di website resmi senikaligrafi,com. Anda Mencari Jasa Kaligrafi Masjid dan Mushola Terbaik, Jasa Pembuatan GRC, Desain Kaligrafi Rumah, Hotel, Cafe, Dll. Untuk Konsultasi via Whatsapp: 0857 1222 3822 (CV. Assiry Art).