Kaligrafi 3 Dimensi beserta Teknik Pembuatannya
0 (0)

Kaligrafi 3 Dimensi beserta Teknik Pembuatannya0 (0)

Kaligrafi 3 Dimensi – Sebuah seni erat kaitannya dengan kehidupan manusia, tanpa adanya seni kehidupan akan terasa hampa. Suatu karya seni memiliki nilai keindahan tersendiri yang menjadikannya dapat membuat perasaan kita menjadi senang dan dapat menjadi pembangkit mood seseorang yang awalnya tidak bersemangat.

Di eraa saat ini karya seni semakin berkembang pesat. Seperti yang dulunya masih berupa 2 dimensi sekarang sudah merambah ke 3 dimensi. Contohnya keberadaan kaligrafi dari yang berupa 2 dimensi ke 3 dimensi.

Perkembangan kaligrafi sebagai karya seni rupa tak lepas dari perkembangan seni rupa kontemporer dunia sebagai wujud pembaruan atas kaidah murni kaligrafi klasik. Seperti halnya karya seni lainnya, kaligrafi memiliki metode dan pembaruan dalam desain hurufnya. Berikut beberapa gaya kaligrafi dominan seperti gaya Naskhi, Sulus, Farisi, Diwani, Diwani Jalil, Kufi dan Riq’ah.

Keberadaan kaligrafi kontemporer, karya yang dihasilkan bisa berupa dua dimensi atau tiga dimensi. Dan teknik kontemporer inilah yang menjadikan para kaligrafer bisa mengeksplorasi teknik dan kebebasan berekspresi. Kemudian muncul istilah lukisan kaligrafi atau kaligrafi lukis.

Baca Juga: Kaligrafi Terbaik

Salah satu contoh kebebasan berekspresi seperti yang dilakukan kaligrafer handal asal Kudus, Muhammad Assiry yang berhasil membuat kaligrafi 3 dimensi. Kaligrafi tersebut terbuat dari rangkaian bilah bambu berwarna coklat yang tersusun rapi menjadi satu-kesatuan, berbentuk abstrak, dan tinggi sekitar tujuh meter. Kaligrafi tiga dimensi itu berlafadz Laa Ilaaha illallah.

Membicarakan karya seni 3 dimensi, Berikut ini unsur-unsur yang membentuk karya seni rupa 3 dimensi:

  • Titik

Titik merupakan unsur karya seni rupa yang paling dasar dan paling kecil.

  • Garis

Garis merupakan goresan atau batas suatu benda, ruang, bidang, warna, tekstur dan sebagainya. Garis mempunyai dimensi yang cenderung memanjang dan mempunyai arah tertentu. Gari juga memiliki beberapa sifat seperti panjang, pendek, horizontal, vertikal, tipis, lurus, berombak, melengkung, tebal, patah-patah, miring, halus dan lain-lain.

  • Bidang

Salah satu karya seni rupa yang dibentuk atau terbentuk dari hubungan beberapa garis disebut bidang. Bidang memiliki dimensi panjang, lebar atau bisa disebut juga pipih.

  • Bentuk

Bentuk bisa diartikan sebagai bangun atau plastis. Bentuk memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi, oleh sebab itu bentuk mempunyai isi atau volume.

  • Tekstur

Tekstru adalah sifat permukaan sebuah benda. Berdasarkan jenisnya tekstur terbagi menjadi dua macam yaitu tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur nyata mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan pengelihatan dan perabaan, sedangkan tekstru semua tidak mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan pengelihatan dan perabaan.

Karya seni 3 dimensi bisa dibuat dengan bahan atau mendia yang berbeda-beda. Dalam pembuatan seni 3 Dimensi ada beberapa teknik yang harus dilakukan:

Teknik Mozaik

Teknik yang pertama yaitu dengan cara menempel benda 3 dimensi yang diatur dan ditata dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan lukisan.

Teknik Aplikasi

Baca Juga: Batik Kaligrafi

teknik ini dilakukan dengan cara menjahit atau menempelkan bermacam-macam guntingan-guntingan kain yang berbentuk hiasan seperti binatang, bunga maupun bentuk lainnya pada sebuah kain lain sebagai hiasan.

Teknik Pahat

Teknik dibentuk dengan membuang bahan yang tidak dibutuhkan. Cara membuatnya dapat memakai alat pahat, kikir dan martil. Biasanya bahan atau media yang dipakai adalah bahan keras seperti batu, gips, kayu dan bahan lainnya.

Teknik Merakit

Teknik selanjutnya menggunakan cara menyambung beberapa potongan bahan. Cara ini disebut dengan merakit dan hasil karyanya disebut rakitan. Cara menggabungkan bahan tersebut dapat dengan cara dipatri, disekrup, mengelas atau dengan cara lainnya.

Teknik Menuang atau Cor

teknik ini dihasilkan dengan cara menuang bahan cair yang dituang pada sebuah alat cetakan. Setelah bahan cair tersebut mengeras, kemudian dikeluarkan dari cetakan. Bahan cair yang dipakai biasanya seperti semen, logam, gips atau karet.

Demikian ulasan terkait kaligrafi 3 dimensi terimakasih sudah singgah di wabsite kami dan semoga bermanfaat. Jika anda memiliki kebutuhan tentang jasa kaligrafi baik yang berupa kaligrafi 3 dimensi, kaligrafi 2 dimensi, kaligrafi nama, kaligrafi masjid, dan lainnya kami siap membantu. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubung kami di 0857 1222 3822 (Assiry), silahkan anda telpon,sms atau whatsapp, maka kami akan segera menghubungi anda.

Klik untuk menilai posting artikel ini!
[Total: 0 Average: 0]

Seni Kaligrafi

senikaligrafi.com merupakan sebuah situs website marketing dan promosi dari Jasa Kontraktor Masjid CV. ASSIRY ART. CV. ASSIRY ART merupakan perusahaan Jasa Kontraktor Masjid yang menyediakan layanan produk dan jasa, diantaranya: Jasa Rancang Bangun Masjid, Jasa Kontraktor Majid, Jasa Pembuatan Kaligrafi Masjid, Jasa Pembuatan Kubah GRC, Jasa Pembuatan Menara Masjid, Produsen dan Pemasangan GRC Krawangan, Serta Karya Seni dan Produk Kerajinan lainnya. Selain itu Layanan, Produk dan Jasa CV. ASSIRY ART juga menangani berbagai desain interior dan eksterior, kaligrafi dll, meliputi Rumah, Hotel, Cafe, Kantor, Perusahaan, Dan lain sebagainya. CV. ASSIRY ART perusahaan profesional dan sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun TERPERCAYA.

Back to top
error: Content is protected !!
KIRIM PESAN
Hubungi Kami?
Assalamualaikum... Selamat datang di website resmi senikaligrafi,com. Anda Mencari Jasa Kaligrafi Masjid dan Mushola Terbaik, Jasa Pembuatan GRC, Desain Kaligrafi Rumah, Hotel, Cafe, Dll. Untuk Konsultasi via Whatsapp: 0857 1222 3822 (CV. Assiry Art).